Proposal Usaha (Dalam Bidang IT)
PROPOSAL
USAHA DAGANG
(Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Kewirausahaan)
OLEH KELOMPOK 4:
Nathasya Tjoanapessy
17021106007
Christine
Junita Kambey
17021106031
Astri
Saraun
1721106005
Moudy
Brayen Legi
17021106010
FAKULTAS TEKNIK JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO
2018
Kata
Pengantar
Puji dan syukur
kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena berkat kehendak-Nya kami dapat menyelesaikan proposal ini. Proposal ini dibuat dengan rancangan
yang sistematis, perhitungan, dan dengan cara yang hadal.
Kami juga tidak
lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah
membimbing kami dalam menyelesaikan proposal ini. Proposal ini juga diharapkan
dapat menambah pengetahuan kita.
Untuk kesempurnaan dari proposal ini,
maka kami mengharapkan saran dan kritik dari para pembaca agar dalam menyusun
proposal berikutnya dapat lebih baik lagi. Semoga dengan adanya proposal ini kita dapat belajar
bersama demi kemajuan kita.
Manado,
10 Maret 2016
Tim Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR………………………………………………………………….….................... i
DAFTAR ISI…………………………………………………………………...…………..…............. ii
BAB I PENDAHULUAN……………………………………………………...….…....…….............. 1
1.1 Latar Belakang ...............……………………………………....…….......……….............. 1
1.2 Tujuan ..............…………………………………………………......…………................. 1
BAB II KEGIATAN
PASAR DAN PEMASARAN…............................………..……….................... 2
BAB
III FAKTOR PENGHAMBAT DAN PENDUKUNG..................................................................
3
3.1
Faktor Penghambat...............................................................................................................
3
3.2 Faktor Pendukung................................................................................................................
3
3.3 Analisis SWOT....................................................................................................................
3
BAB
IV ASPEK KEUANGAN.............................................................................................................
4
BAB
V
PENUTUP.................................................................................................................................
5
BAB
I
PENDAHULUAN
1. 1 Latar Belakang
Pada zaman
sekarang ini banyak jasa desain grafis yang ditawarkan. Kami menawarkan jasa desain
grafis lebih tepatnya dalam pembuatan stiker.
Dalam
suatu pemasaran banyak sekali berbagai bentuk dan macam-macam desain dari yang kecil hingga yang besar dan dari
yang murah hingga sampai yang mahal.
Produk
yang kami pasarkan unik begitu juga dengan harga yang terjangkau dan banyak
pula masyarakat yang berminat untuk membelinya. Oleh karena itu kami memilih
jenis usaha desain stiker, aneka stiker untuk dijual karena merupakan produk yang
cukup di sukai oleh masyarakat.
1.2 Tujuan
Tujuan
dari usaha ini adalah :
1.
Mencari keuntungan.
2.
Menarik minat pelanggan untuk membeli produk kami.
3.
Mencapai target penjualan
BAB
II
KEGIATAN
PASAR DAN PEMASARAN
Menganalisis
Potensi Pasar
Dalam menjalankan usaha ini kami harus
mengetahui potensi pasar agar usaha yang dijalani dapat berjalan lancar.
Menentukan
Objek Pasar
Dalam menjalankan usaha ini kami
menentukan objek pasar dari usaha ini adalah lingkungan kampus tepatnya di
fakultas Teknik program studi Teknik Informatika universitas Sam Ratulangi
Manado.
Menetapkan
Target / Sasaran Pasar
Dalam menjalankan usaha ini kami
menetapkan target / sasaran pasar usaha yaitu di lingkungan kampus tepatnya di
fakultas Teknik program studi Teknik Informatika universitas Sam Ratulangi
Manado.
BAB
III
FAKTOR
PENGHAMBAT DAN PENDUKUNG
3.1 Faktor Penghambat
Faktor
penghambat diantaranya :
1. Banyaknya pesaing atau usaha yang
menyerupai.
2. Harga bahan baku yang berbeda-beda.
Untuk itu, kami sudah merencanakan untuk
memecahkan masalah faktor penghambat yaitu dengan selalu berhati-hati dalam
mengelola setiap dana yang akan dikeluarkan.
3.2
Faktor Pendukung
1. Produk
yang dipasarkan harus dalam keadaan baik.
2.
Kondisi tempat yang strategis.
3.3 Analisis SWOT
1. Strength (kekuatan)
1. Menjual produk untuk semua kalangan.
2. Bahan produk yang terjamin.
1. Menjual produk untuk semua kalangan.
2. Bahan produk yang terjamin.
2. Weakness (kelemahan)
1. Produknya mudah ditiru.
1. Produknya mudah ditiru.
3. Opportunity (peluang)
- Tempat strategis.
4. Threat (ancaman)
Adanya pesaing yang menjual produk yang sama dengan harga yang tidak terlalu
- Tempat strategis.
4. Threat (ancaman)
Adanya pesaing yang menjual produk yang sama dengan harga yang tidak terlalu
mahal.
BAB
IV
ASPEK
KEUANGAN
Aspek Modal
1. Modal awal :
1.
Penjualan Stiker
:
- Kertas stiker = Rp 40.000 -
- Lapisan stiker = Rp 4.000 -
- Biaya print = Rp 2.000 -
Total = Rp 46.000
-
3. Estimasi Modal
Stiker
Rp 46.000,-
Total
= Rp 46.000,-
BAB
V
PENUTUP
Dalam melakukan
usaha kita harus fokus dan serius, serta usaha tidak bisa dimulai dengan
setengah-setengah kemudian dikerjakan, meskipun usaha tersebut berupa usaha
sampingan. Kegagalan dalam usaha sebenarnya bukan disebabkan orang lain, tetapi
berasal dari diri kita sendiri. Dengan demikian diperlukan ketekunan dalam
menjalankan usaha. Perhitungan-perhitungan yang matang harus dilakukan di awal memulai
usaha karena sekali salah dalam perhitungan awal, akan terjadi efek berantai
dimana kita akan terus menerus mengalami kesalahan, sementara modal lama
kelamaan tersedot habis.
Sebagai
wirausahawan yang baik, kami tidak akan membiarkan usaha ini berjalan secara
mendatar. Kami akan terus mencoba memperbaiki kualitas pekerjaan kami, agar
para konsumen puas atas apa yang kami tawarkan. Karena apabila kualitas produk
yang kami tawarkan tidak ditingkatkan, kemungkinan besar usaha ini tidak akan
maju dan terancam bangkrut.
Komentar
Posting Komentar