Komponen Sistem Informasi

     Dalam sebuah sistem, tentunya ada komponen-komponen yang saling berkaitan satu dengan yang lain dimana suatu sistem ini akan tercapai apabila semua komponen ini berfungsi dengan baik. Sistem Informasi merupakan satu kesatuan yang saling terkait yang komponennya dapat mengumpulkan, mengambil, memproses, menyimpan dan mendistribusikan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian dalam suatu sistem organisasi. Pada suatu Sistem Informasi tentunya juga ada komponen-komponen yang membentuk sistem ini, yaitu sebagai berikut:

1.   Perangkat Keras (Hardware) 
      Perangkat Keras merupakan suatu komponen dalam sistem informasi yang bisa disentuh atau biasa disebut dengan Bagian fisik teknologi (The Physical Components of the Technology). Contoh dari Perangkat Keras yaitu Komputer, Keyboard, Mouse, Printer, Flash drive.




2.   Perangkat Lunak (Software)
      Perangkat Lunak merupakan suatu komponen sistem informasi yang berupa seperangkat instruksi yang memberitahu Hardware apa yang akan dilakukan. Software tidak memiliki wujud (Untoucheble Component). Ada dua kategori umum perangkat lunak yaitu perangkat lunak Sistem Operasi dan perangkat lunak Aplikasi. Perangkat Lunak Sistem Operasi berfungsi sebagai penggerak perangkat keras, sedangkan perangkat Lunak Aplikasi berfungsi untuk membantu pekerjaan manusia. Contoh perangkat Lunak Sistem operasi yaitu: Windows (PC) dan Android (Mobile). Contoh perangkat Lunak aplikasi yaitu: Microsoft office, Angry Birds, Photoshop.


3.   Manusia (Brainware)
      Tidak lupa lagi, Dalam suatu Sistem Informasi, manusia merupakan penggerak atau pengguna (user) atau pembuat suatu sistem. Sebuah teknologi yang di pakai tidak lepas dari usaha kerja dari manusia. Para help-desk front-line, programmer, analizer, CIO (Chief Information Officer), merupakan elemen penting yang tidak boleh diabaikan.



4.   Jaringan (Netwire)
      Selain Hardware, Software, Brainware suatu komponen jaringan juga sudah menjadi komponen penting. Secara teknis, komponen jaringan terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak, namun merupakan fitur inti dari sistem informasi saat ini yang telah menjadi kategorinya.




SUMBER:


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu SWOT?

Tata Kelola Teknik Informatika

Inovasi wirausaha