Apa itu SWOT?

Definisi Analisis SWOT



Analisis SWOT merupakan kerangka kerja untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal suatu kegiatan atau bisnis yang dapat berdampak pada kelangsungan proyek, produk, tempat atau orang. Analisis SWOT juga dapat diartikan sebagai sebuah bentuk analisa situasi dan kondisi yang bersifat deskriptif (memberi suatu gambaran) tentang sebuah perusahaan atau organisasi. Analisa ini menempatkan situasi dan juga kondisi sebagai faktor masukan, lalu kemudian dikelompokkan menurut kontribusinya masing-masing. 



SWOT sendiri merupakan singkatan dari Strengths (Kekuatan), Weaknesses (Kelemahan), Opportunity (Peluang), Threats (Kendala).Berikut penjelasan mengenai Analisis tiap Elemen SWOT.




1. Strengths (Kekuatan) 
     Merupakan situasi atau kondisi yang merupakan gambaran kekuatan dari suatu organisasi atau perusahaan saat ini. Yang harus dilakukan dalam menggunakan analisis ini adalah setiap perusahaan atau organisasi perlu menilai kekuatan dan kelemahan yang dimiliki kemudian dibandingkan dengan para pesaingnya. Misalnya jika kekuatan perusahaan tersebut unggul di dalam kualitasnya, maka keunggulan itu dapat dimanfaatkan untuk mengisi segmen pasar yang membutuhkan tingkat kualitas yang lebih baik.
Contoh lain:
-   Nama merek Yang Menarik
-   Reputasi yang baik
-   Keuntungan biaya dari pengetahuan eksklusif

2. Weaknesses (Kelemahan)
     Merupakan situasi atau kondisi yang memberikan gambaran kelemahan dari suatu organisasi atau perusahaan saat ini. Weaknesses merupakan cara menganalisis kelemahan yang ada pada sebuah perusahaan atau organisasi. Misalnya jika perusahaan tersebut terdapat kendala dalam pemasaran yang kurang baik, maka perusahaan harus meneliti kekurangan-kekurangan yang di miliki yang berhubungan dengan sektor pemasaran. Agar nantinya permasalahan tersebut tidak membuat perusahaan menjadi kalah saing dan mundur di bandingkan perusahaan lainnya.
Contoh lain:
-   Nama merek yang kurang menarik
-   Reputasi yang buruk
-   Struktur biaya yang tidak efektif dan mahal

3. Opportunity (Peluang)
     Merupakan situasi atau kondisi yang memberikan gambaran peluang yang ada dari sisi luar suatu organisasi atau perusahaan dan gambaran tersebut dapat memberikan peluang berkembangnya suatu organisasi atau perusahaan di masa depan. Opportunity merupakan analisis yang digunakan untuk mencari peluang atau terobosan yang memungkinkan suatu perusahaan atau organisasi bisa berkembang. Baik dimasa kini atau masa yang akan datang. Misalnya sebuah perusahaan industri minuman berada di daerah yang panas. Yang mana daerah tersebut sangat membutuhkan minuman segar dengan harga yang terjangkau. maka perusahaan tersebut memiliki peluang untuk menciptakan produk minuman yang segar dan harganya terjangkau.
Contoh Lain:
-   Timbulnya teknologi baru
-   Tidak terpenuhinya kebutuhan konsumen
-   Melakukan kursus bisnis atau training

4. Threats (Kendala)
     Merupakan situasi atau kondisi yang memberikan gambaran ancaman dari suatu perusahaan atau organisasi dalam menjalankan suatu usaha. Threats merupakan cara menganalisis tantangan atau ancaman yang harus dihadapi oleh suatu perusahaan atau organisasi dalam menghadapi berbagai macam faktor lingkungan yang tidak menguntungkan. Yang mana ancaman tersebut dapat menyebabkan kemunduran suatu perusahaan. jika tidak segera di atasi, maka ancaman tersebut akan menjadi penghalang bagi suatu usaha yang akan dijalankan. Misalnya sebuah organisasi kelompok pengrajin rotan di daerah pedesaan. Dengan kondisi lingkungan yang semakin modern serta banyaknya kebakaran hutan yang terjadi membuat mereka sulit untuk memperoleh bahan baku, maka organisasi tersebut dapat menganalisis hal-hal apa yang menyebabkan tantangan atau ancaman tersebut terjadi. 
Contoh lain :
-   Perubahan Trend
-   Adanya peraturan Baru
-   Adanya produk pengganti yang baru

Cara untuk Melakukan Analisis
Sebuah Analisis SWOT umumnya membutuhkan Keputusan untuk menentukan terlebih dahulu tujuan yang ingin dicapai untuk bisnis, organisasi, inisiatif atau individu. Dari situ, para pembuat keputusan mencatat kekuatan dan kelemahan serta peluang dan Kendala.
Berbagai alat yang ada untuk memandu Pengambilan keputusan, menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan empat elemen tersebut. Berikut merupakan contoh Pertanyaan untuk menjadi panduan dalam pembuatan Analisis SWOT.


A. Strengths 
-   Apa kelebihan dari organisasi anda?
-   Apa yang di pandang baik dari anda?
-   Apa yang bisa menjadi Sumber Daya yang beda dengan orang lain?
-   Apa yang dipandang Unggul dari perusahaan anda?
-   Apakah permintaan industri meningkat atau menurun?

Pertimbangkan kekuatan perusahaan dari perspektif internal, dan dari sudut pandang pelanggan dan orang-orang di pasar anda. Jika mengalami kesulitan mengidentifikasi kekuatan, cobalah menuliskan daftar karakteristik organisasi anda. Ketika menyadari kekuatan perusahaan, kaitkan itu dengan Pesaing anda. Misalkan, jika semua pesaing menyediakan produk berkualitas tinggi, maka proses produksi yang berkualitas tinggi bukanlah kekuatan pasar organisasi, melainkan suatu keharusan.


B. Weaknesses 
-   Apa yang bisa ditingkatkan?
-   Apa yang harus di hindari?
-   Apa yang dilihat orang sebagai kelemahan?
-   Faktor apa yang membuat penjualan menurun?
-   Apakah perusahaan menggunakan SDM secara optimal?
-   Bagaimana kondisi keuangan perusahaan?
-   Apakah perusahaan kalah bersaing?

Pertimbangkan ini dari perspektif internal dan eksternal. Yang terbaik adala bersikap realistis dan hadapi semua kebenaran yang tidak menyenangkan sesegera mungkin.

C. Opportunity
-   Peluang bagus apa yang bisa ditemukan?
-   Tren menarik apa yang harus disadari?
-   Bagaimana keadaan geografis perusahaan?
-   Adakah peluang untuk bekerja sama dengan perusahaan lain?
     Peluang yang bermanfaat dapat berasal dari hal-hal seperti:
-   Perubahan teknologi dan pasar pada skala luas dan sempit
-   Perubahan dalam kebijakan pemerintah yang terkait dengan bidang perusahaan.
-   Perubahan dalam pola sosial, profil populasi, perubahan gaya hidup, dan sebagainya.
-   Acara lokal.

Pendekatan yang bermanfaat ketika melihat peluang adalah dengan melihat kekuatan perusahaan dan tanyakan pada diri bagaimana membuka suatu peluang. Atau, lihat kelemahan perusahaan, dan tanyakan pada diri anda sendiri apakah dapat membuka peluang dengan menghilangkannya.


D. Threats
-   Kendala apa yang dihadapi?
-   Apa yang dilakukan pesaing Anda?
-   Apakah ada perubahan standar atau spesifikasi kualitas pekerjaan, produk atau layanan?
-   Apakah perubahan teknologi mengancam keadaan perusahaan?
-   Apakah ada kendala dalam hal finansial?
-   Mungkinkah kelemahan dapat mengancam bisnis?
-   Adakah pengaruh politik dan lingkungan?

Manfaat Analisis SWOT
Metode analisis SWOT merupakan metode analisis yang paling dasar dalam melakukan strategi, yang bermanfaat untuk mengetahui suatu permasalahan atau pun suatu topik dari 4 sisi yang berbeda. Hasil dari analisis ini bisanya berupa arahan atau pun rekomendasi untuk mempertahankan kekuatan dan untuk menambah keuntungan suatu perusahaan atau organisasi dari segi peluang yang ada, sambil mengurangi kekurangan yang dimiliki dan juga menghindari berbagai ancaman yang terjadi.


Jika digunakan dengan baik dan benar, maka analisis ini akan dapat digunakan untuk membantu melihat sisi-sisi yang terabaikan atau tidak terlihat dari sebuah perusahaan atau organisasi. Dari uraian diatas tadi, analisis SWOT adalah instrumen yang bermanfaat dalam melakukan analisis strategi dalam manajemen perusahaan atau organisasi. Analisis ini berperan sebagai alat untuk meminimalisir kelemahan atau kekurangan yang terdapat dalam suatu perusahaan atau organisasi serta menekan dampak dari ancaman yang timbul dan harus dihadapi.




Pro dan Kontra Analisis SWOT
Analisis SWOT dapat membantu proses pengambilan keputusan dengan menciptakan representasi visual dari berbagai faktor yang paling mungkin berdampak apakah bisnis, proyek, inisiatif atau individu dapat berhasil mencapai suatu tujuan.


Meskipun itu penting untuk memahami berbagai dinamika yang memengaruhi kesuksesan, analisis SWOT memang memiliki batasnya. Analisis ini mungkin tidak mencakup semua faktor yang relevan untuk keempat elemen, sehingga memberikan perspektif miring. Selain itu karena hanya menangkap faktor pada titik waktu tertentu dan tidak memungkinkan faktor-faktor tersebut dapat berubah dari waktu ke waktu, wawasan yang ditawarkannya dapat memiliki masa simpan terbatas.


SUMBER:



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tata Kelola Teknik Informatika

Inovasi wirausaha