Proposal Usaha (Bebas)
PROPOSAL USAHA DAGANG
(Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Kewirausahaan)
OLEH KELOMPOK 4:
Nathasya Tjoanapessy
17021106007
Christine Junita Kambey
17021106031
Astri Saraun
1721106005
Moudy Brayen Legi
17021106010
FAKULTAS TEKNIK JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO
2018
Kata Pengantar
Puji dan syukur kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena berkat kehendak-Nya kami dapat menyelesaikan proposal ini. Proposal ini dibuat dengan rancangan yang sistematis, perhitungan, dan dengan cara yang hadal.
Kami juga tidak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membimbing kami dalam menyelesaikan proposal ini. Proposal ini juga diharapkan dapat menambah pengetahuan kita.
Untuk kesempurnaan dari proposal ini, maka kami mengharapkan saran dan kritik dari para pembaca agar dalam menyusun proposal berikutnya dapat lebih baik lagi. Semoga dengan adanya proposal ini kita dapat belajar bersama demi kemajuan kita.
Manado, 10 Maret 2016
Tim Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR…………………………………………………………................……….…… i
DAFTAR ISI…………………………………………………………………...…………...............… ii
BAB I PENDAHULUAN……………………………………………………...….…....…….............. 1
1.1 Latar Belakang ...............……………………………………....…….......……….............. 1
1.2 Tujuan ..............…………………………………………………......…………................. 1
BAB II KEGIATAN PASAR DAN PEMASARAN…............................………..……….................... 2
BAB III FAKTOR PENGHAMBAT DAN PENDUKUNG.................................................................. 3
3.1 Faktor Penghambat............................................................................................................... 3
3.2 Faktor Pendukung................................................................................................................ 3
3.3 Analisis SWOT.................................................................................................................... 3
BAB IV ASPEK KEUANGAN............................................................................................................. 4
BAB V PENUTUP................................................................................................................................. 5
BAB I
PENDAHULUAN
1. 1 Latar Belakang
Pada zaman sekarang ini banyak aksesoris yang dijual di pasaran. Saat ini banyak aksesoris buatan pabrik yang dijual di toko.
Dalam suatu pemasaran banyak sekali berbagai bentuk dan macam-macam aksesoris dari yang kecil hingga yang besar dan dari yang murah hingga sampai yang mahal.
Produk yang kami pasarkan unik begitu juga dengan harga yang terjangkau dan banyak pula masyarakat yang berminat untuk membelinya. Oleh karena itu kami memilih jenis usaha aksesoris, aneka aksesoris untuk dijual karena merupakan produk yang cukup di sukai oleh masyarakat.
1.2 Tujuan
Tujuan dari usaha ini adalah :
1. Mencari keuntungan.
2. Menarik minat pelanggan untuk membeli produk kami.
3. Mencapai target penjualan
BAB II
KEGIATAN PASAR DAN PEMASARAN
Menganalisis Potensi Pasar
Dalam menjalankan usaha ini kami harus mengetahui potensi pasar agar usaha yang dijalani dapat berjalan lancar.
Menentukan Objek Pasar
Dalam menjalankan usaha ini kami menentukan objek pasar dari usaha ini adalah lingkungan kampus tepatnya di fakultas Teknik program studi Teknik Informatika universitas Sam Ratulangi Manado.
Menetapkan Target / Sasaran Pasar
Dalam menjalankan usaha ini kami menetapkan target / sasaran pasar usaha yaitu di lingkungan kampus tepatnya di fakultas Teknik program studi Teknik Informatika universitas Sam Ratulangi Manado.
BAB III
FAKTOR PENGHAMBAT DAN PENDUKUNG
3.1 Faktor Penghambat
Faktor penghambat diantaranya :
1. Banyaknya pesaing atau usaha yang menyerupai.
2. Harga bahan baku yang berbeda-beda.
Untuk itu, kami sudah merencanakan untuk memecahkan masalah faktor penghambat yaitu dengan selalu berhati-hati dalam mengelola setiap dana yang akan dikeluarkan.
3.2 Faktor Pendukung
1. Produk yang dipasarkan harus dalam keadaan baik.
2. Kondisi tempat yang strategis.
3.3 Analisis SWOT
1. Strength (kekuatan)
1. Menjual produk untuk semua kalangan.
2. Bahan produk yang terjamin.
1. Menjual produk untuk semua kalangan.
2. Bahan produk yang terjamin.
2. Weakness (kelemahan)
1. Produknya mudah ditiru.
1. Produknya mudah ditiru.
3. Opportunity (peluang)
- Tempat strategis.
4. Threat (ancaman)
Adanya pesaing yang menjual produk yang sama dengan harga yang tidak terlalu
- Tempat strategis.
4. Threat (ancaman)
Adanya pesaing yang menjual produk yang sama dengan harga yang tidak terlalu
mahal.
BAB IV
ASPEK KEUANGAN
Aspek Modal
1. Modal awal :
1. Penjualan Gelang : Rp 5.000,-
50 Gelang = Rp 250.000, -
2. Penjualan Gantungan kunci : Rp 5.000,-
50 Gantungan = Rp 250.000, -
2. Barang Pinjaman
1. Meja
3. Estimasi Modal
Gelang + Gantungan kunci
Rp 250.000,- + Rp250.000 -
Total = Rp 500.000,-
BAB V
PENUTUP
Dalam melakukan usaha kita harus fokus dan serius, serta usaha tidak bisa dimulai dengan setengah-setengah kemudian dikerjakan, meskipun usaha tersebut berupa usaha sampingan. Kegagalan dalam usaha sebenarnya bukan disebabkan orang lain, tetapi berasal dari diri kita sendiri. Dengan demikian diperlukan ketekunan dalam menjalankan usaha. Perhitungan-perhitungan yang matang harus dilakukan di awal memulai usaha karena sekali salah dalam perhitungan awal, akan terjadi efek berantai dimana kita akan terus menerus mengalami kesalahan, sementara modal lama kelamaan tersedot habis.
Komentar
Posting Komentar